Formula Makanan Genius Islam Untuk Memperkuat Daya Ingat

Advertisement

Formula nutrisi genius-genius Islam silam yang menjadi rahasia keajaiban daya intelektual mereka. Formula ini terpendam di dalam kitab-kitab tradisional dalam bahasa Arab.

Tersembunyi dari pengetahuan orang Arab dan umat Islam sendiri. Namun akhir-akhir ini ada usaha-usaha untuk menyoroti kembali kepada umum. Sekarang semacam ada kecenderungan di kalangan ilmuan Islam dan bukan Islam untuk mengkaji dan menguji keabsahan formula ini. Ini didorong oleh penemuan-penemuan ilmiah yang membuktikan kebenarannya, khususnya terhadap susu, madu dan telur.

Berikut adalah formula nutrisi genius-genius Islam yang telah terbukti mampu meningkatkan kecerdasan dan kekuatan daya ingat:

1) MADU.

Madu Asli

Madu adalah makanan yang sangat bergizi. Al-Quran mengiktirafkannya sebagai “shifa” yaitu penyembuh penyakit. Madu dijuluki “Raja Obat”, dapat menyembuhkan kebanyakan penyakit. Ini adalah makanan untuk kesehatan keseluruhan. Mengandung berbagai jenis vitamin, mineral, protein, antiseptik dan enzim yang meningkatkan memori dan kecerdasan mental individu. Madu juga mengandung berbagai zat mineral penting seperti kalsium, sulfur, fosfor, zat besi, karbon, magnesium, potassium (kalium), tembaga, silika, klorin, mangganese dan belerang untuk memupuk energi dan kesehatan fisik-mental. Rasulullah SAW bersabda, “Siapa ingin hafal, harus ia minum manisan madu”. Madu ditemukan efektif untuk merawati penyakit-penyakit mental di mana ia dapat menghindarkan kelelahan kerja otak seperti berpikir, membaca, merencanakan dan bertemu.

CARA MINUM:

2 sendok teh pada waktu pagi dan malam.

Pantangan:

Jangan makan semangka saat menggunakan madu. Sangat berbahaya!

2) KISMIS

Mengandung zat besi yang amat diperlukan untuk membangun darah untuk memastikan pasokan oksigen yang cukup untuk disalurkan ke otak. Kekurangan oksigen menyebabkan seseorang mudah mengantuk, pelupa, lembab dan mengalami kelemahan dalam berpikir.

CARA MAKAN:

i. Menghadap Kiblat
ii. Baca “Bismillah” dan selawat ke atas nabi (3 kali)
iii. Baca doa penerang hati
iv. Makan secara kemam seperti makan permen. Tidak efektif jika dikunyah seperti makan kacang.
v. Makan sebiji-biji sebanyak 21 biji setiap hari.

3) SUSU SEGAR.

Susu berguna untk kesehatan otak, mempertajam ingatan, memasok energi mental dan fisik. Susu mengandung tiga unsur alam yaitu keju, lemak dan air yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tubuh dan otak. Susu adalah makanan yang paling lengkap dan berkhasiat. Ini berisi enam kelas makanan yang sangat diperlukan oleh tubuh yaitu karbohidrat, lemak, protein, semua jenis vitamin, mineral dan air. Ini berkhasiat untuk merawati kesehatan umum dan merupakan penawar kelupaan yang efektif. Rasullullah saw menerangkan susu dapat memperkuat belakang, menambahi akal, memperbaiki penglihatan dan menghindari penyakit lupa. Susu yang terbaik untuk ketajaman pikiran ialah susu kambing, domba dan sapi yang segar. Susu hidup lebih berkhasiat dari susu debu.

CARA MINUM:

i.Sekurang-kurangnya segelas pada pagi dan malam
ii.Baca “Bismillah” dan doa minum susu seperti yang dibaca oleh Rasulullah SAW

4) TELUR.

Bermanfaat untuk menambah kekuatan otak, badan dan menjaga kesehatan keseluruhan. Anggota kesehatan mengakui itu adalah makanan yang lengkap dan bergizi. Mengandung protein, mineral, vitamin, kalsium, tembaga, magnesium, fosfor, kalium, sulfur, natrium, klorin, zat besi, air, kolin dan zat ekstraktif. Sabda Nabi saw, “Sesungguhnya seorang nabi as mengadu kepada Allah (karena dia) lemah badan. Maka Allah swt memerintahkannya supaya memakan telur “. Telur terutama telur kuning, berupaya mengatasi masalah kekurangan energi fisik dan pikiran sekaligus. Telur yang terbaik adalah telur ayam kampung dan yang masih baru.

5) HALIA.

Itu sangat mujarab untuk gejala kelupaan. Ia dapat dimakan mentah atau dibuat halua. Halua adalah jahe yang dijadikan manis-manisan dengan merebus dan mencampurnya dengan gula.

CARA MAKAN: Dimakan sedikit saja pada waktu pagi.

6) LIMAU OREN.

Berkhasiat untuk membereskan urat-urat jantung dan menambah kekuatan pikiran menurut hadis Nabi saw Jeruk-jeruk jenis lain juga elok untuk diamalkan.

7) BUAH DELIMA.

Untuk penerang hati. Sabda Nabi saw, “Barangsiapa yang memakan buah delima keseluruhan, sesungguhnya Allah menerangkan hatinya selama 40 hari.”

8) DAGING BURUNG MERPATI.

Itu banyak digunakan oleh bijak pandai Islam dan Melayu dahulu kala. Mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor dan kalori. Sangat efektif untuk meningkatkan kecerdasan terutama anak-anak. Metode ini sangat populer dan efektif. Anak yang diberi telur burung merpati tersedia dapat berbicara lebih awal dari biasanya.

9) OTAK AYAM.

Dapat dibuat sup dan dicampur dengan jahe. Otak ayam yang segar juga bisa dibuat obat sementara untuk gigitan ular. Perlu dilakukan memakannya.

10) DAGING AYAM.

Dibandingkan dengan semua jenis daging, ayam dianggap mengandung kadar zat gizi yang paling tinggi. Daging ayam betina dara terutama berkhasiat meningkatkan kinerja otak dan memperbaiki darah. Abu Musa ra meriwayatkan bahwa Nabi saw memakan daging ayam.

11) DAGING DOMBA.

Menambah darah, cocok untuk orang aktif dan bekerja berat serta dapat meningkatkan kekuatan hafazan.

12) HATI.

Terutama hati ayam dan sapi. Mengandung berbagai jenis vitamin dan bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik.

13) KACANG.

Beberapa jenis kacang seperti kacang mete, berangan, kacang kedelai, pistachio dan lain-lain. Kacang pistachio terpercaya sangat efektif untuk meningkatkan kecerdasan terutama anak-anak. Memakan kacang pistachio merupakan amalan pemakanan seorang pelajar genius berbangsa Melayu yang tinggal di Yogyakarta. Kacang mengandung nilai protein yang tinggi.

14) BUAH BADAM – Untuk meningkatkan kecerdasan.

15) ZA’FARAN:

KOMKOMA (CROCOS sativus) Sejenis bahan berambu merah. Dimakan sedikit saja. Dijual di toko-toko ritel India dan beberapa toko ritel Melayu.

16) BUNGA KOBIS – Ada sejenis asam amino untuk energi mental.

17) BUNGA CENGKEH – Ditumbuk sampai halus lalu dimakan sedikit saja.

18) LABU.

Menguntungkan menambahkan kemampuan pikiran dan akal. Sabda Nabi saw, “Makanlah labu karena mencerdaskan akal”. Beliau juga berkata, “Jika kamu membuat sup (atau kuah), dianjurkan memasukkan labu ke dalamnya karena ia menambahkan kemampuan pikiran dan akal.

19) BUAH KEDEKAI (MAJALAWI) – Menguatkan hafalan dan memperkuat kekuatan tubuh.

20) MINYAK SAPI Dimakan langsung atau dicampur dengan masakan dalam jumlah yang kecil.

21) SAYUR- SAYURAN DAN BUAHAN SEGAR

SELAMAT MENCOBA dan mengamalkannya.

Tags: cara meningkatkan daya ingat, meningkatkan daya ingat, cara mencerdaskan otak menurut islam, Cara memperkuat ingatan, cara menguatkan ingatan, memperkuat daya ingat, cara memperkuat daya ingat, makanan yang baik untuk otak menurut islam, cara meningkatkan daya ingat otak menurut islam, obat pelupa menurut islam
Advertisement
Formula Makanan Genius Islam Untuk Memperkuat Daya Ingat | Kartika Dwi | 4.5