Tujuh Alasan Kenapa Orang Malas Berolahraga

Advertisement

Ada kesalahpahaman dikalangan mayoritas masyarakat Malaysia mengenai ide ‘berolahraga’ dan arti ‘gaya hidup sehat’. Berikut adalah beberapa alasan yang selalu kita dengar dan respon tentang cara untuk menghindarinya.Lapangan-Olahraga

Alasan # 1 – “Saya sangat sibuk, mana ada waktu untuk berolahraga!”

Anda tidak akan pernah sibuk untuk berolahraga! Berolahraga adalah suatu kewajiban selama kita masih hidup (dan jika ingin hidup panjang!). Jika Anda sangat sibuk dan langsung tidak ada waktu untuk luangkan waktu ‘berharga’ Anda bahkan 20 menit sehari, jadilah lebih aktif! Gunakan tangga daripada lift. Coba penggunaan kendaraan. Jika sangat perlu, parkir mobil Anda sejauh mungkin sehingga Anda masih harus berjalan ke tujuan yang Anda ingin tuju. Oke Anda mungkin berpendapat bahwa hal ini adalah ‘sepele’ dan tidak mungkin membantu Anda dalam mencapai tujuan Anda. Tapi, jika Anda mengambil langkah-langkah ini setiap hari, itu akan berdampak lebih dalam jangka panjang! Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit juga kan!

Alasan # 2 – “Buat apa olahraga? Saya telah ditakdirkan sebagai seorang gemuk! ”

Saya berpendapat bahwa ini merupakan alasan yang tidak bisa diterima sama sekali! Ini seperti mengaku bahwa ada yang tidak kena pada diri Anda tetapi Anda tidak ingin mengambil langkah proaktif untuk mengubahnya karena menganggap bahwa itu suatu yang sudah ‘menyatu’ dalam diri Anda. Saya percaya setiap kepribadian yang Anda baca di ruang ‘Success Stories’ di Kevin Zahri memiliki pendapat yang sama tentang ini. Kadangkala, obesitas bukanlah kesalahan individu itu sendiri, itu sesuatu bersama. Ini disebabkan oleh kebiasaan yang dipupuk dari kecil. Ingat tak pesan, kalau makan, makan sampai kenyang kan? Berolahraga juga dianggap sebagai hal yang tidak wajib oleh kebanyakan masyarakat kita. Sama juga bagi mereka yang kurus karena harga metabolism tinggi, latihan masih juga relevan dan penting! Percayalah cakap saya, jika Anda memiliki azam untuk berubah Anda pasti bisa mencapainya. Yang penting sekali, Anda harus mengubah persepsi dan berhenti menyalahkan diri Anda terhadap kondisi diri Anda sekarang. Jika Anda sedang membaca ini, itu berarti Anda sangat berminat untuk mengubah diri Anda. Pertanyaannya sekarang, kapan Anda ingin mengatur diri Anda kembali? Jawabannya, sekarang!

Jika Anda sedang membaca ini, itu berarti Anda sangat berminat untuk mengubah diri Anda. Pertanyaannya sekarang, kapan Anda ingin mengatur diri Anda kembali? Jawabannya, sekarang!

Alasan # 3 – “Saya diet, tak payah berolahraga lah!”

Kata ‘diet’ adalah salah satu persyaratan yang paling gemar digunakan dan juga ‘disalahgunakan’ oleh orang-orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan! Diet tak berarti Anda ‘berpuasa’ dan mengikat perut Anda dari makanan. ‘Diet’ sebenarnya adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang. Setiap individu memiliki jumlah nilai kalori harian (DCR) berbeda tergantung pada fisik tubuh dan juga gaya hidup seseorang itu (apakah aktif atau tidak). Tentu saja, tidak mungkin bagi seseorang untuk mengurangi berat badan dengan hanya berdiet. Tapi itu sangat tidak disarankan karena seseorang itu harus sangat disiplin dalam konsumsi makanan. Ada juga kemungkinan besar untuk merasa lapar dan akhirnya Anda mungkin terlalu berlebihan karena tersangat lapar! Jadi, ‘diet seimbang’ sangat direkomendasikan oleh mayoritas ahli nutrisi yang meliputi diet (‘reduced calorie diet’) dan latihan. Tahukah Anda berolahraga membantu Anda mengurangi nafsu makan?

Alasan # 4 – “Saya tak ingin pergi gym, saya tak ingin tubuh ‘besar’ macam binaragawan!”

Mungkin ini salah satu alasan kenapa kurangnya pengunjung perempuan di gym. Kaum wanita sangat khawatir jika tubuh mereka akan berotot seperti pria binaraga. Jangan khawatir, kebanyakan pria juga memiliki kekhawatiran yang sama karena tidak ingin terlihat ‘besar’ macam ‘weightbuilder’. Sebenarnya, bukan senang untuk seseorang terlihat seperti binaragawan. Ini adalah proses yang memakan waktu yang agak panjang dan diet mereka sangat berbeda dibandingkan mereka yang hanya pergi gym untuk menjadi sehat dan meningkatkan kesehatan diri. Jadi Anda tak perlu khawatir! Perempuan dan pria juga memiliki fisiologi yang berbeda. Kepada kaum wanita, bentuk tubuh Anda akan menjadi lebih menarik karena latihan di gym membantu membakar lemak tubuh. Jangan jadikan alasan ini untuk tidak ingin pergi ke gym lagi okay?

Alasan # 5 – “Bencilah berolahraga! Tak suka! ”

Saya suka berlari. Mungkin Anda tidak suka berlari. Anda mungkin memiliki kegiatan yang Anda minat yang mungkin Anda sendiri tidak tahu lagi. Yang penting di sini, jangan mudah berhenti dan menyerah. Lanjutkan latihan dengan berbagai kegiatan yang Anda dapat menemukan dan mencoba. Teman saya dah berhenti berlari dengan saya setelah beberapa minggu dan sekarang masuk kelas ‘pole dancing’. Tak kisahlah apa pun yang Anda buat, cuma pastikan itu sesuatu yang aktif dan membuat Anda berkeringat!

Alasan # 6 – “Buat penat saja exercise, tak ada beda apa-apa pun!”

Banyak orang putus asa dan berhenti berolahraga sepenuhnya sebab tak nampak apa-apa pun beda setelah penat bekerja selama beberapa minggu. Banyak faktor yang menyebabkan kenapa itu terjadi tetapi itu dapat disimpulkan kepada satu saja, yaitu pengetahuan dasar tentang latihan. Latihan akan membuat Anda lebih sehat dan fit tetapi tidak akan membantu Anda mengurangi berat badan jika Anda masih lanjutkan dengan diet Anda yang biasa. Anda perlu tahu tentang konsep makan sehat, dan juga tips tentang latihan sehingga Anda dapat mencapai tujuan Anda secara efektif. Ingat, kualitas biasanya lebih penting dari kuantitas!

Alasan # 7 – “Susahlah untuk teruskan berolahraga!”

Ada juga yang ingin berolahraga tapi susah nak jadikan itu satu praktek. Banyak alasan kenapa situasi ini bisa terjadi. Biasanya ia mungkin disebabkan oleh terlalu memaksa diri untuk mencapai suatu tujuan. Saya ingat lagi dulu betapa siksaannya untuk berlari hanya sejauh 1km tanpa henti. Ini semuanya proses yang memakan waktu. Sekali lagi, itu sangat tergantung pada psikologis Anda. Betapa banyak Anda ingin mencapai tujuan tersebut. Saya selalu ingatkan diri saya untuk buat yang terbaik setiap kali berolahraga karena saya yakin setiap kali berolahraga adalah terobosan terhadap diri saya. Tak banyak orang yang sanggup bangun dari sofa dan keluar rumah hanya untuk pergi berolahraga bukan?

Akhirnya, kita harus ingat bahwa seseorang tidak akan berubah karena apa yang mereka sudah ketahui, tetapi apa yang mereka rasa tentang sesuatu. Seorang perokok tidak akan berhenti merokok karena tahu rokok membahayakan kesehatan atau mungkin menyebabkan kanker, tetapi berhenti karena merasakan sesuatu yang tidak kena tentang kebiasaan tersebut.

Tags: alasan orang malas berolahraga, kenapa malas berolahraga, apa yg menyebabkan kita malas berolah raga, aku males olahraga tapi mau tinggi, kenapa oleh raga malas, kenapa orang masih malas dalam olahraga, kenapa saya suka malas olahraga?, mengapa orang malas berolahraga, orang gemuk malas, pendapat jika teman yang malas berolahraga
Advertisement
Tujuh Alasan Kenapa Orang Malas Berolahraga | Kartika Dwi | 4.5