Manfaat Selada Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Selada Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Manfaat Selada Untuk Kesehatan Tubuh – Daun selada air mudah sekali ditemui, terjual bebas di pasar tradisional dan modern. Selain disajikan sebagai salad, sayur ini sering digunakan sebagai penghias makanan atau pembangkit selera makan. Masih banyak masyarakat yang tak mengonsumsi selada, terutama anak-anak. Sayur ini lebih dianggap sebagai penghias saja meski memiliki beragam khasiat hebat. Berdasarkan penelitian para ahli, ada tujuh manfaat selada air untuk kesehatan yang diabaikan masyarakat.

6 Manfaat Selada Untuk Kesehatan Tubuh

1. Rendah kalori, bebas lemak

Bila dibanding jenis sayuran lainnya, kalori daun selada tergolong amat rendah dan tak berlemak sama sekali. Menurut hasil studi, satu cangkir penuh daun selada hanya mengandung 12 kalori. Makanya ia jadi sayuran favorit para penggiat diet yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan.

2. Penurun berat badan

Pelaku diet memilih selada bukan karena rendah kalori dan tak berlemak, sayur ini mengandung selulosa dan serat yang dibutuhkan tubuh. Selain mengenyangkan perut, serat meningkatkan kemampuan pencernaan, suatu investasi tepat untuk mengendalikan berat badan.

Baca juga: Cara Menaikkan Berat Badan Menjadi Ideal

3. Penyehat jantung

Daun selada kaya kandungan beta-karoten dan vitamin C. Perpaduan keduanya ampuh mencegah oksidasi kolesterol yang bertujuan menghentikan penumpukan plak. Serat daun selada bantu menyingkirkan garam empedu di dalam tubuh. Ketika garam tergantikan, kolesterol jahat akan larut. Inilah manfaat selada untuk kesehatan jantung.

4. Pencegah insomnia

Tidur bermasalah? Menderita insomnia? Selada menjadi obat alami melawan penyakit sulit tidur atau insomnia, semua itu berkat kandungan lactucarium, cairan berwarna putih yang terlihat ketika memotong sayur berdaun hijau ini. Senyawa lactucarium menghantarkan sifat santai dan kantuk tanpa efek berbahaya. Makan beberapa lembar daun atau minum jus daun selada beberapa jam sebelum tidur malam.

5. Glycemik Indeks Rendah

Berdasarkan hasil studi para ahli kesehatan, Glycemik Indeks daun selada tergolong rendah, yakni 15. Artinya, sayur berdaun hijau ini sangat sehat bagi siapa saja yang bermasalah dengan kadar gula darah atau berat badan. Selada bebas gula olahan dan beragam macam senyawa yang tidak menyehatkan. Inilah manfaat selada untuk kesehatan para penderita diabetes.

6. Kaya nutrisi

Daun selada paling nikmat dimakan mentah, lebih renyah dan menawarkan rasa unik di lidah. Mengonsumsi selada mentah memberi banyak manfaat micronutrisi yang tidak ditemukan pada masakan atau makanan olahan. Selada dimakan mentah memberi energi luar biasa. Hampir sebagian besar daun selada tumbuh secara organik, nutrisinya lebih hebat.

Demikian contohartikelmu.com menjelaskan manfaat selada untuk kesehatan tubuh seperti mengatasi insomnia, melawan kolesterol jahat, menyehatkan jantung, menurunkan berat badan dan memberi nutrisi penting. Sajikan daun selada dalam keadaan mentah, jangan dimasak, rebus ataupun tumis terlalu matang karena mengurangi kandungan nutrisi.