6 Tips Wawancara Kerja Agar Sukses

6 Tips Wawancara Kerja Agar Sukses

Posted on

Tips Wawancara Kerja Agar Sukses – Mengirim banyak resume dan CV bukan jaminan pasti memperoleh sebuah pekerjaan. Banyak hal yang harus dilewati oleh calon pegawai, salah satunya adalah lolos wawancara kerja. Inilah momen yang kerap kali menjadi batu sandungan karena kesalahan kecil saja berakibat fatal dan mengurangi kemungkinan diterima sebagai pegawai baru. Lalu apa yang harus dilakukan oleh pelamar? Berikut beberapa tips wawancara kerja agar sukses dan memberi kesan positif.

6 Tips Wawancara Kerja Agar Sukses

1. Hindari kesalahan

Ada beberapa hal penting yang tak boleh terjadi saat wawancara atau interview. Pelajari semua kesalahan umum yang kerap terjadi, jadikan sebagai bahan evaluasi untuk menyusun taktik ketika akan berhadapan dengan perwakilan perusahaan. Dengan demikian, anda akan terhindar dari stres ataupun serangan panik sehingga tidak akan kehilangan kendali.

2. Cara berpakaian

Berpakaian yang rapi dan sopan merupakan kesan pertama yang dilihat oleh perwakilan perusahaan. Oleh karena itu, maksimalkan penampilan tetapi jangan terlalu mencolok atau menor. Kenakan pakaian yang pantas sesuai kepribadian dan karakter, tidak harus mengenakan busana bermerek tetapi yang penting harus “matching” atau pas. Itulah salah satu tips wawancara kerja yang tidak boleh diabaikan.

3. Kembangkan kemampuan

Meski banyak buku atau artikel di internet yang membocorkan pertanyaan-pertanyaan sewaktu wawancara kerja, jangan memberi jawaban yang terkesan standar. Coba kembangkan cara penyampaian jawaban agar terkesan lebih berbobot atau bernilai. Jawaban dan tindakan yang terucap menjadi faktor penentu apakah anda diterima atau ditolak.

4. Berlatih

Salah satu tips wawancara kerja yakni meluangkan waktu untuk berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin dilontarkan oleh perwakilan perusahaan. Berlatih akan mengasah kemampuan dan meningkatkan responsif sekaligus mengurangi rasa gugup. Lakukan latihan dengan meminta bantuan sahabat ataupun keluarga. Semakin sering berlatih maka semakin mudah menguasai keadaan.

5. Mengenal perusahaan

Seberapa jauh anda mengenal perusahaan yang dilamar? Luangkan waktu untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya, terutama posisi yang diincar. Lakukan sedikit riset soal latar belakang, sejarah, budaya dan permasalahan utama yang sedang dihadapi perusahaan. Hal ini akan memperbesar peluang untuk diterima sebagai karyawan. Inilah tips wawancara kerja yang memperbesar peluang diterima.

6. Interview berkelompok

Siapkan kemungkinan terburuk! Proses wawancara tidak hanya melibatkan satu perwakilan perusahaan saja, namun bisa dua orang atau lebih. Oleh karena itu, jangan langsung panik dan tetap kalem. Berjalan dan duduk dengan sikap penuh rasa percaya diri. Jawab semua pertanyaan dengan mantap seperti yang sudah dijalani ketika latihan.

Itulah beberapa tips wawancara kerja agar sukses dan berpeluang diterima sebagai karyawan. Hal yang terpenting adalah sikap percaya diri dan tidak mudah panik. Selagi menunggu antrian wawancara, coba berbincang-bincang dengan orang disekitar untuk mengurangi perasaan tertekan dan tetap fokus.