Pengobatan Dan Pencegahan DBD

Inilah Pengobatan Dan Pencegahan DBD

Posted on

Pengobatan Dan Pencegahan DBD – DBD merupakan singkatan kata dari Demam Berdarah Dengue, sejenis penyakit akibat virus dengue yang dibawa oleh beberapa jenis nyamuk (terutama aedes aegypti) dimana penderita akan mengalami infeksi dan demam hebat yang menusuk hingga ke tulang-tulang.

DBD ini biasanya lebih banyak yang terjadi di daerah tropis dan subtropis. Orang yang terinfeksi virus ini untuk kedua kalinya memiliki risiko yang jauh lebih besar terserang penyakit parah. Gejalanya adalah demam, ruam, serta nyeri otot dan sendi. Pada kasus yang parah terjadi pendarahan hebat dan syok, yang dapat membahayakan nyawa. Kasus yang parah harus dirawat inap.

Lalu, bagaimana cara pengobatan dan pencegahan DBD?

Pengobatan DBD

Bahaya DBD menyebabkan kematian bila tidak mendapatkan perawatan yang optimal. Pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah minum air mineral sebanyak mungkin, kompres untuk menurunkan panas tubuh dan berikan obat pereda panas. Semua itu belum cukup karena penderita harus dibawa ke dokter secepat mungkin, entah rumah sakit, puskesmas atau poliklinik.

Obat yang diberikan harus langsung dibawah pengawasan dokter sedangkan obat pereda panas tersedia bebas di apotik, biasanya Paracetamol. Penderita bisa menjalani pengobatan rawat inap bila kondisinya parah, namun bisa juga sebaliknya.

Adakah vaksin untuk mengobati atau menghindari DBD? Sejauh ini pengobatan dan pencegahan DBD hanya bisa dilakukan via pemberian obat-obatan karena belum ditemukan vaksin yang efektif menekan virus dengue.

Obat alami untuk Penderita DBD

1. Jambu biji

jambu biji untuk penderita DBD

Untuk Anda yang mungkin pernah kena DBD, pasti orangtua atau teman Anda menyarankan untuk makan atau minum jus jambu biji.

Buah ini mengandung trombinol yang mampu merangsang trombopoietin.

Trombopoietin adalah senyawa aktif dalam tubuh yang memicu pembentukan keping darah baru sehingga menaikkan jumlah trombosit.

2. Daun pepaya

Tidak hanya sedap dijadikan lauk makan nasi, daun pepaya juga berpotensi baik sebagai obat tradisional penyembuh DBD.

Ada dua penelitian berbeda dari India yang menyelidiki kompilkasi laporan manfaat daun pepaya sebagai obat demam berdarah alami.

Kesimpulannya, ekstrak daun pepaya dapat membantu meningkatkan kadar trombosit dalam darah pengidap demam berdarah.

Ini diduga karena daun pepaya membantu menstabilkan dinding sel keping darah sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue.

Anda bisa cuci bersih 50 gram daun pepaya dengan air mengalir. Kemudian tumbuk daun hingga halus tetapi jangan sampai menjadi bubuk.

Seduh gerusan daun pepaya tersebut dan saring airnya. Minum air rebusan daun pepaya 3 kali dalam sehari sebagai obat demam berdarah alami.

3. Daun sambiloto

Sambiloto adalah daun herbal yang biasa digunakan dalam bahan jamu. Sambiloto dalam minuman jamu memang menyehatkan, tetapi rasanya sangat pahit.

Meskipun pahit, sambiloto ini punya manfaat sebagai obat herbal untuk sakit demam berdarah.

Sebuah studi dari jurnal Acta Tropica menemukan fakta bahwa ekstrak sambiloto dapat membasmi vektor virus penyebab demam.

Namun masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk menguji keampuhan sambiloto sebagai obat tradisional DBD yang aman dikonsumsi.

Pencegahan DBD

Nyamuk merupakan penyebaran virus dengue yang harus dihentikan dengan gerakan 3M (menguras, menutup dan menimbun) dan pengasapan/fogging. Genangan air yang tidak mengalir menjadi tempat favorit untuk berkembang biak, terutama bak mandi, air got mampet dan genangan air hujan pada barang bekas. Pastikan lingkungan sekitar rumah terbebas dari permasalahan ini.

Namun gerakan yang dicanangkan oleh pemerintah tidaklah cukup. Pemilik rumah harus ekstra waspada terhadap berbagai kemungkinan. Tindakan sederhana yang bisa dilakukan yaitu rutin membersihkan area sekitar rumah, memperbaiki saluran udara ruangan hingga menanam lavender. Nyamuk hobi berada di ruangan yang lembab dan sulit terakses cahaya, itulah alasan kenapa saluran udara dan cahaya harus mudah terakses.

Waspada kemungkinan nyamuk kumpul di suatu tempat, terutama tumpukan pakaian kotor. Serangga penghisap darah ini menyukai lokasi yang apek dan penuh dengan kuman. Oleh sebab itu, sediakan tempat khusus untuk pakaian kotor lalu tutup rapat. Beberapa jenis tanaman mengeluarkan aroma alami yang dibenci serangga, salah satunya adalah lavender yang sering digunakan sebagai bahan pembuatan obat nyamuk. Tanaman tersebut mudah tumbuh di area sekitar rumah.

Kesimpulan

Melakukan pengobatan dan pencegahan DBD secepat mungkin sangat dianjurkan untuk menghindari penyebaran virus yang lebih luas. Nyamuk pembawa virus dengue bisa berkembang dengan cepat dan mengancam siapa saja tanpa memandang usia.