Perawatan Gigi Balita Usia 12-18 Bulan

Perawatan Gigi Balita Usia 12-18 Bulan

Posted on

Perawatan Gigi Balita Usia 12-18 Bulan – Sebelumnya telah dibahas bagaimana perawatan gigi bayi (Usia 0-6 Bulan dan Usia 6-12 Bulan). Selanjutnya bagaimana merawat gigi anak usia 12-18 bulan?

Kita perlu mengetahui bahwa rentan usia 12 sampai 18 bulan pada umumnya gigi anak sudah tumbuh sampai gigi seri tengah, gigi seri samping, gigi taring dan gigi geraham pertama atas dan bawah, apabila ayah dan bunda mendapati bahwa anak belum mempunyai gigi seperti tersebut diatas maupun belum ada gigi sama sekali, segera mungkin menghubungi dokter gigi terdekat.

Selain khusus pada anak dengan permasalahan gigi, pada anak dengan pertumbuhan gigi normal pun pada usia 1 tahun sebaiknya memeriksakan ke dokter gigi terdekat. Pentingnya memeriksakan pada dokter gigi pada anak usia 1 tahun diantaranya :

  • Untuk mengetahui pola makan dan minum sang anak serta memperhatikan apakah ada gigi yang bermasalah seperti berlubang
  • Membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan gusi anak
  • Memperhatikan apakah kebiasaan anak dalam menghisap akan mempengaruhi pertumbuhan giginya
  • Memeriksa apakah terdapat sariawan, lecet maupun luka pada gigi, gusi dan lidah anak
  • Dokter akan memberikan tips-tips bagaimana menjaga dan merawat gigi sang anak.

Perawatan Gigi Balita Usia 12-18 Bulan

Pada usia 12-18 bulan, hal-hal yang perlu dilakukan orang tua dalam menjaga gigi sang buah hatinya antara lain :

  • Menyikat gigi anak sehabis sarapan dan sebelum tidur atau 2 kali sehari
  • Mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali atau bulu-bulu sikat sudah rusak
  • Membatasi pemberian makanan yang banyak mengandung gula atau manisan, sebagai penggantinya adalah makanan dari buah dan sayur yang segar dengan berbagai variasinya.
  • Melatih anak untuk menggosok gigi sendiri sedini mungkin. Latihan ini sebagai awal perkembangan kebiasaan yang baik bagi anak, oleh karena itu perlu perhatian khusus dari orang tua pada saat dia menggosok gigi secara rutin 2 kali sehari. Cara mengajarinya pun juga tidak sulit, orang tua tinggal memberi contoh yang baik bagaimana menggosok gigi dengan baik dan benar.
  • Membawa anak ke dokter gigi rutin setiap 6 bulan sekali atau setahun sekali, meskipun tidak ada permasalahan maupun keluhan.

Cara Membersihkan Gigi dan Mulut Balita Usia 12-18 Bulan

Perawatan Gigi Balita Usia 1 tahun

Secara khusus cara membersihkan gigi pada anak usia tersebut diantaranya :

  • Menggunakan sikat gigi yang memang khusus buat anak, terutama dari bahan yang lembut (nilon)
  • Memilih pasta gigi yang sesuai, jangan sampai terlalu banyak kandungan fluor nya, karena pada anak usia tersebut masih sulit untuk berkumur dengan baik
  • Menyikat seluruh gigi dengan gerakan memutar dan rata seluruh gigi
  • Membilas dengan air putih hangat yang matang serta bersih.

Permasalahan Gigi yang dapat Timbul

Permasalahan gigi yang dapat timbul pada anak usia 12-18 bulan hampir sama dengan bayi usia 0-12 bulan yaitu karies dan jamur, ditambah lagi dengan pola makan anak yang lebih bervariasi, dimana hampir semua jenis makanan dewasa dapat dikonsumsi membuat permasalahan gigi lebih komplek serta mempermudah timbulnya karies dan jamur apabila tidak dirawat dengan sebaik-baiknya 2 kali sehari.

Demikian perawatan gigi anak usia 12-18 bulan, semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan serta menerapkan untuk mendapatkan hasil tumbuh kembang anak yang optimal. Orang tua yang peduli dengan kesehatan anak, dapat dipastikan bahwa dia akan memperhatikan pertumbuhan gigi sang anak selain hal-hal kesehatan yang lain guna tumbuh kembangnya