Mengobati Flu Pada Bayi Dan Dewasa

Tips Mengobati Flu Pada Bayi Dan Dewasa Tanpa Obat Kimia

Posted on

Mengobati Flu Pada Bayi Dan Dewasa – Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang dapat menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Flu atau influenza ini sangat umum terjadi di musim pancaroba. Penyakit ini sangat mudah menular ke orang lain, terutama ketika 3–4 hari pertama setelah pengidapnya terinfeksi virus flu,

Gejala-gejala flu yang biasa dirasakan pengidapnya adalah demam, sakit kepala, batuk-batuk, pegal-pegal, kehilangan nafsu makan, serta sakit tenggorokan. Gejala flu akan bertambah parah selama 2–4 hari sebelum akhirnya membaik dan sembuh.

Penyakit flu yang dialami membuat kita merasa kurang nyaman dan sangat mengganggu aktivitas. Langkah awal yang perlu dilakukan untuk menghilangkan flu dan pilek adalah minum air mineral secukupnya dan kurangi mengkonsumsi makanan berminyak serta memakan makanan yang mudah dicerna.

Perubahan cuaca dan kondisi lingkungan mungkin juga menjadi alasan Anda terkena penyakit flu ini. Hari ini kami ingin berbagi beberapa tips mudah untuk mengurangi dan menghilangkan flu tanpa anda mengkonsumsi obat kimia!

Tips Mengobati Flu Pada Bayi Dan Dewasa Tanpa Obat Kimia

1. Ambil secangkir air didihan beras (saat mendidih). Biarkan hangat barulah diminum. Lakukan terus menerus sehingga rasa gatal atau kering pada tenggorokan itu sembuh.

2. Letakkan sedikit kapur sirih, dua tetes minyak kayu putih di atas seiris jeruk limau. Panggang dan ambil airnya. Kemudian minum satu kali sehari.

3. Flu pada musin hujan atau panas terik bisa diobati dengan cara membasahi ubun-ubun kepala. Ulangi beberapa kali.

4. Mandilah dengan air hangat di malam hari dan hindari mandi malam dengan air dingin.

5. Rutinkan meminum air jahe seminggu sekali agar anda terhindar dari flu yang akan menyerang.

6. Rebus jahe, cengkeh, kulit kayu manis dan merica dengan takaran sama lain (satu sendok makan) kedalam 1 liter air. Minum air rebusan tersebut ketika masih hangat.

7.  Ambil sebiji bawang merah, buang kulitnya dan kunyah lalu makan bawang itu.

8. Gunakan madu-madu mengeringkan dahak. Campurkan madu pada susu bayi atau beri mereka minum madu sedikit setiap hari.

9. Ambil beberapa helai daun sirih, remas atau tekan-tekan dengan tangan dan ambil lendirnya. Usapkan lendir sirih tersebut disekitaran hidung bayi.

10. Gunakan Alat Penyedot Ingus
Cara mengatasi pilek Si Kecil lainnya adalah dengan menggunakan alat penyedot ingus atau bulb syringe. Alat ini digunakan ketika ingus tidak juga keluar setelah diberikan obat semprot atau saline.

Alat ini berfungsi untuk mempercepat ingus keluar dari hidung, supaya Si Kecil lebih mudah untuk bernapas. Walau begitu, cara ini biasanya digunakan pada bayi yang usianya masih di bawah 6 bulan.

11. Atur Posisi Tidur Si Kecil
Mengubah posisi tidur Si Kecil dapat menjadi cara lain untuk mengatasi pileknya. Buatlah posisi kepala anak lebih tinggi daripada tubuhnya agar Si Kecil lebih nyaman saat bernapas. Selain itu, hal tersebut juga membuat lendir tidak menggumpal di hidung.

Itulah beberapa tips dan cara Mengobati Flu Pada Bayi Dan Dewasa, semoga bermanfaat.